Tuesday, January 13, 2009

Layer Jalan Google Earth™

Lumayan lama tidak mengetik di blog ini... meskipun ada cukup banyak yang ingin dituangkan dari penglihatan, diskusi dan pikiran.

Pelan-pelan lah... hal pertama yang menarik untuk didiskusikan di sini adalah perihal tidak aktifnya layer jalan pada Google Earth sejak beberapa waktu yang lalu (saya tidak tahu persis kapan...). Setidaknya pada posting terakhir "Pemandangan Dari Langit" (2 Juni 08), saya baru terkagum-kagum dengan informasi ini...

Cuplikan gambar di atas kira-kira posisinya sama dengan cuplikan gambar pada posting sebelumnya.

"Kenapa hilang...?"


Rupanya, pertanyaan serupa sudah banyak ditanyakan para penikmat Google Earth, mulai dari kawan-kawan diskusi disekitar... milist RSGIS-Forum, bahkan di dalam diskusi yang lebih luas di internet...

Saya coba cari jawabannya dengan menggunakan bantuan Search Engine dan Help di situs Google Earth sendiri... kemudian saya coba-coba, mulai dari mencoba setting mode graphic dari OpenGL ke DirectX hingga memperbarui program Google Earth ke versi gratis terkahir yang dirilis... namun, masih belum memecahkan masalah.


Kemudian, muncul pertanyaan "Apakah informasi jalan ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna versi Pro?... atau perlu kecepatan koneksi internet yang tinggi...? atau murni masalah teknis dari sono-nya?"

... Saya juga tidak menemukan jawabannya di Help dan forum diskusi Google Earth ...

Kenapa ya...? mandek euy...

Meski demikian, untuk saya pribadi sudah sangat senang dengan informasi yang ada saat ini. Satu diantara banyak manfaat yang saya rasakan adalah mudik gratis ke Banjarmasin dan Samarinda dari negeri "perantauan..." melihat kondisi kota pada masa citra itu direkam...

Pembaca dan rekan yang budiman... adakah yang ingin menambahkan, mengkoreksi dan berdiskusi...?


Monggo...



No comments:

Post a Comment