Tuesday, January 13, 2009

ILWIS 3.5 Open di Rilis...

Lebih kurang 1 tahun sejak ILWIS 3.4 telah disebarluaskan secara gratis (1 Juli 2007), kini kita dapat menikmati versi terbaru yang dapat langsung di download http://52north.org dengan link direct download di sini.

Berikut cuplikan informasi yang membedakan versi 3.4 dengan 3.5 dari situs di atas:

ILWIS 3.5 extends the functionality offered by ILWIS Open 3.4. New user features include:

  • ILWIS as an OGC compliant WMS client. It can now process GetCapabilities requests and make the WMS layers (or combinations of them) available as raster maps in ILWIS (domain color). These can be combined with any local data.
  • Surface energy balances with preprocssing functionality (SEBS). ILWIS is now able to produce Surface Energy Balance maps and carry out the chain of preprocssing to create the products needed for processing.

New developer features include:

  • ILWIS is now a MS Visual 2008 project.
  • ILWIS applications and applications user interface now form a plug-in system. One can extend ILWIS applications without changing anything to ILWIS.
  • ILWIS user interface and ILWIS analytical functionality have now been completely seperated making it easier to write server side applications for ILWIS.

Dari exercises yang lalu bersama Pak Bowo dan Pak Budi, aplikasi ILWIS untuk keperluan remote sensing dan analisis hydrologi sangatlah menarik...

Hanya saja, keharusan mengkonversi file ke dalam format khusus ILWIS merupakan pekerjaan tambahan yang lumayan...

Untuk aplikasi remote sensing OK-lah... tetapi untuk keperluan analisis hydrologi, saya sedang memikirkan untuk menggunakan MapWindow...

Berikut cuplikan tools dimaksud:



Semoga bisa direalisasikan dalam waktu dekat... sehingga bisa menjadi bahan diskusi sebelum menggunakan salah satu atau ke dua-duanya untuk mendukung pekerjaan kita.

Rekan yang berminat mendownload aplikasi MapWindow berserta plugin-nya satu-persatu bisa meng-klik di sini, dan yang mau borongan mendownload file ISO image-nya bisa klik ini.


Kembali ke ILWIS...


Rekan-rekan yang berminat untuk berdiskusi dan sharing mengenai ILWIS, bisa bergabung ke dalam milist (lokal) ILWIS dengan mengarahkan browser Anda ke http://groups.google.com/group/ilwis, atau langsung daftar dengan mengirimkan imil kosong ke ilwis-subscribe@googlegroups.com.


Semoga bermanfaat! di tunggu diskusi lebih lanjut...



1 comment:

  1. permisi,saya menggunakan ilwis 3,4 untuk penulisan ilmiah saya,tapi hanya untuk daerah depok,tapi saya tersendat dibagian digitasi peta,kalo boleh saya tau,saya bisa mendapatkan file tersebut dmn ya? mohon bimbinganya

    ReplyDelete