Tuesday, January 13, 2009

Exercise Quantum GIS 0.10.0-Io

Tulisan ini adalah hasil exercise singkat ke dua seletah gvSIG yang rampung versi pertama-nya pada bulan April 2008 kemarin. Ide exercise dan penulisan ini kembali di dasarkan pada keinginan untuk memperoleh hasil/layout peta yang indah, lengkap dan informatif sebagaimana yang sering saya buat dengan aplikasi berbasis proprietary.


Quantum GIS (QGIS) adalah aplikasi Siste Informasi Geografi yang termasuk dalam kategori Open Source. Proyek QGIS di mulai pada bulan Mei 2002 dan dibangun dalam sebuah proyek di dalam SourceForge pada bulan Juni di tahun yang sama. QGIS dirilis dibawah GNU General Public License (http://www.gnu.org/licenses/gpl.html).


QGIS yang dibangun dengan Qt toolkit (http://www.trolltech.com) and C++ ini dapat dijalankan pada kebanyakan Unix platforms, Windows, dan OS X, dan dengan harapan aplikasi ini menjadi user friendly.


Ide awal pembangunan QGIS ini adalah sebagai data viewer dan terus berkambang hingga kemampuan yang cukup tangguh saat ini dengan menyediakan fungsi-fungsi yang dibutuhkan pada umumnya dan mendukung kebanyakan format data vector maupun raster yang digunakan oleh kebanyakan orang.


Berikut daftar fitur-fitur utama pada QGIS di bagi ke dalam Core Features dan Plugins:


Core Features

· Raster and vector support by the OGR library

· Support for spatially enabled PostgreSQL tables using PostGIS

· GRASS integration, including view, edit, and analysis

· Digitizing GRASS and OGR/Shapefile

· Map Composer

· OGC support

· Overview panel

· Spatial bookmarks

· Identify/Select features

· Edit/View/Search attributes

· Feature labeling

· On the fly projection

· Save and restore projects

· Export to Mapserver map file

· Change vector and raster symbology

· Extensible plugin architecture


Plugins

· Add WFS Layer

· Add Delimited Text Layer

· Decorations (Copyright Label, North Arrow and Scale bar)

· Georeferencer

· GPS Tools

· GRASS

· Graticule Creator

· PostgreSQL Geoprocessing functions

· SPIT Shapefile to PostgreSQL/PostGIS Import Tool

· Python Console

· openModeller


Tidak banyak yang dibahas dalam tulisan ini, dan lebih spesifik pada exercise ringan untuk menghasilkan peta. Namun demikian semoga dokumen ini berguna sebagai bahan diskusi awal untuk pengembangan dan diskusi lebih lanjut dalam kerangka pengembangan aplikasi-aplikasi FOSS GIS/RS di Indonesia khususnya. Silahkan mendownload hasil exercise singkat ini di sini, dan selamat membaca. Semoga bermanfaat dan ditunggu feed back-nya...



No comments:

Post a Comment