Tuesday, January 13, 2009

FOSS GIS/RS

Perkembangan dan pembangunan Free and Open Source Software Geographic Information System dan Remote Sensing (FOSS GIS/RS) sangatlah pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun demikian, kelihatannya masih sedikit sekali yang ingin menggunakan dan mengaplikasikannya.

Beberapa aplikasi yang telah dibuat dan dipublikasikan di antaranya adalah GRASS-GIS, QuantumGIS, FGIS, DIVA_GIS, MapWindow, dan masih banyak lagi lainnya dan bisa di lihat misalnya melalui site http://freegis.org/.

Hingga saat ini, aplikasi-aplikasi di atas memang belum bisa disamakan dengan aplikasi berbayar yang telah kita kenal seperti buatan ESRI misalnya. Bagaimanapunn juga, kelebihan ataupun kekurangan adalah sesuatu hal yang selalu ada dan akan muncul jika belum ditemui saat ini karena memang buatan manusia.

Di sisi lain, pengguna seperti saya, selalu menginginkan aplikasi yang powerful dan bisa memenuhi segala kebutuhan dengan hanya 1 perangkat lunak yang all in one. Dalam kasus FOSS GIS/RS, sepertinya masih harus bersabar… karena kelihatannya aplikasi-aplikasi yang telah di bangun berdasarkan pada kebutuhan si pembuat untuk tujuan tertentu yang lebih spesifik. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika kita jeli dan mau belajar dari beberapa perangkat lunak yang telah di publikasikan, kita bisa mendapatkan hasil seperti yang diinginkan dari kombinasi beberapa FOSS GIS/RS. Meskipun, mungkin dengan menempuh jalan yang agak berputar.

1 comment: